Google Umumkan Update Algoritma Search EngineTerbarunya Mulai 31 Maret 2022

Google Umumkan Update Algoritma Search Engine Terbarunya Mulai 31 Maret 2022

Google telah mengumumkan perubahan terbarunya terkait Page Experience yang mempengaruhi ranking pada hasil penelusuran mereka melalui Youtube Channel Google Search Central yang disampaikan langsung oleh Senior Webmaster Trends Analyst di Google, John Mueller.

Seperti diketahui mesin penelusur Google selalu melakukan update algoritma secara berkala yang selalu diberitakan melalui channel resmi mereka.

Setidaknya ada 4 (empat) hal yang terjadi pada perubahan terbaru yaitu PAge Experience yang mempengaruhi rangking di komputer desktop, Identifikasi website product review ranking, API URL Inspection Google Search Console untuk Developer dan perubahan pada penerapan Google Analytics dari Universal ke GA4.

Page Experience Yang Mempengaruhi Ranking di Desktop

Jika sebelumnya Page Experience hanya digunakan untuk mobile device saja, pada update terbaru ini Google Search juga telah menerapkannya untuk desktop. Hal ini disampaikan langsung oleh John Mueller.

“Mulai dari, kami mempunyai dua perubahan ranking, yang pertama adalah tentang page experience ranking factor. Termasuk di dalamnya Core Web Vitals. Sebelumnya hal ini hanya digunakan untuk perangkat mobile, namun sekarang diterapkan untuk desktop.”

John Mueller

Product Review Ranking

Selanjutnya terdapat peningkatan pada review produk yang mempengaruhi ranking pencarian pada mesin penelusur Google. Pada update ini, Google mengaku lebih mengerti tentang website jenis seperti ini.

Sebelumnya Google hanya merekomendasikan website product berdasarkan ulasan in-depth yang berkualitas tinggi saja.

“Kami baru saja meluncurkan sebuah update yang bekerja lebih baik dalam mengidentifikasi website product review ini. Update ini diperuntukkan dalam bahasa inggris, dan akan mencakup lebih banyak bahasa lainnya secara bertahap.”

John Mueller

Penambahan API URL Inspection Untuk Developer

Google telah meningkatkan perubahan pada API URL untuk Developer yang dapat membantu programmer untuk menerapkan pada sistem aplikasi dan website mereka.

“API ini memungkinkan program untuk mengecek indexation status untuk sejumlah halaman web yang ada di website Anda. API ini juga memberi tahu Anda ketika URL telah di-discover (ditemukan), crawledindexed, hingga tag canonical yang dipilih.”

John Mueller

Perubahan Google Analytics ke GA4

Sebenarnya Google sudah cukup lama menganjurkan pengguna Google Analytics untuk menerapkan GA4 pada website dan aplikasi pengguna sejak Oktober 2020 lalu.

Saat ini perubahan tersebut mulai diterapkan secara bertahap yang nantinya akan sepenuhnya diglobalisasi pada tahun 2023 mendatang.

GA4 disinyalir lebih cepat dalam pengindexan dan bisa menelusuri sebuah konten website lebih dalam.

Sumber Informasi Video Google Search News

Leave a Comment