seo,optimasi seo

Memahami Apa Itu Seo dan Cara Optimasi Pada Website

Pengertian SEO

Search Engine Optimization merupakan cara yang dilakukan oleh pengelola website baik secara personal maupun bisnis agar website mereka berada pada halaman teratas di mesin penelusuran khususnya Google.

Dengan memahami cara menggunakan SEO dan menerapkannya secara benar, maka tingkat visibilitas website akan lebih sering muncul pada halaman pertama mesin penelusur.

Trafik yang didapatkan melalui mesin pencarian tersebut akan menghasilkan sebuah trafik organik yang sangat disukai oleh algorithma Google untuk terus menghadirkan website tersebut sesuai kata kunci yang relevan.

Jenis-Jenis SEO

seo,optimasi seo

Dalam penerapannya SEO terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu On-page SEO dan Off-Page SEO.

On-page SEO adalah upaya yang dilakukan untuk optimasi website pada bagian frontend website. Hal ini dilakukan agar website terlihat lebih ramah untuk mesin pencarian maupun pengunjung website itu sendiri.

Beberapa hal penting dalam penerapan On-page SEO seperti:

  • URL yang mudah diingat SEO Friendly
  • URL mengandung keyword yang akan dioptimasi
  • Mengoptimalkan Judul dan Deskripsi tag
  • Usahakan Menggunakan format H1 pada judul dan H2 pada sub judul
  • Tambahkan external dan internal link
  • Usahakan artikel memuat media seperti image dan atau video
  • Tulis konten yang menarik perhatian dan membuat pengunjung betah dan memiliki keinginan untuk kembali mengunjungi.

Sedangkan Off-Page SEO merupakan cara yang dilakukan dengan mengoptimasi website melalui website lain. Salah satu cara yang digunakan dengan menggunakan ping dan backlink berkualitas pada situs yang relevan.

Kebanyakan dari blogger pemula melakukan kesalahan pada penerapan backlink pada off-Page SEO ini, sehingga akan dianggap sebagai spam oleh mesin penelusur. Untuk memahami penerapan backlink yang benar, Insya Allah akan kita bahas pada artikel seo lainnya.

Cara Kerja SEO

seo,optimasi seo

Setiap mesin penelusur seperti Bing, Yandex dan website penelusuran lainnya memiliki algorithma yang berbeda dalam menampilkan sebuah website pada halaman pertama mereka. Pun demikian dengan mesin penelusur Google yang memiliki algoritma tersendiri untuk memilih website mana saja yang akan ditampilkan di halaman pencarian.

Akan tetapi secara keseluruhan ada 3 hal utama sistem kerja dari mesin penelusur tersebut yaitu:

  1. Crawling, proses ini merupakan cara mesin penelusur mendapatkan informasi dari website yang mereka temukan dan akan ditampilkan.
  2. Indexing, setelah mengcrawling website, mesin penelusur kemudian melakukan sorting untuk menampilkan website sesuai relevansi dan tingkat kualitas konten website tersebut.
  3. Ranking, pada tahapan peringkat yang akan ditampilakn pada halaman pertama hasil penelusuran pada umumnya sistem menggunakan kecerdasan buatan untuk dapat menerapkan hasil yang relevan dengan minat pencari artikel, karena itu hasil pencarian pada setiap orang tentunya akan berbeda-beda, meskipun menggunakan kata kunci yang sama.

Penerapan SEO Secara Teknis

Technical SEO adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterikatan website yang kuat dengan cara mengoptimalkan pada sisi teknis.

Diantara yang harus dilakukan adalah:

  • Memilih layanan hosting terbaik untuk menjaga kestabilan dan kecepatan situs
  • Memilih Tema dan Plugin yang ringan
  • Membuat struktur navigasi yang user friendly
  • Usahakan tidak ada konten duplikat dan terindikasi plagiat
  • Tingkat keterbacaan yang jelas dalam artian tidak terlindungi oleh iklan atau lainnya.

Nah, setelah kita mengetahui apa itu SEO, bagaimana cara mesin penelusur bekerja danpenerapan teknis atau lebih tepatnya persiapan teknis untuk mendapatkan hasil SEO yang sempurna pada website, pada artikel selanjutnya kita akan membahas cara mengimplementasikannya pada website.

Leave a Comment